11.1.11

Perkembang Biakan

Berkembang biak adalah kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan dengan tujuan melestarikan dan memperbanyak jenis. Hewan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang mampu berkembang biak. Setiap hewan memiliki caranya tersendiri untuk berkembang biak.
Dalam sains, sel jantan dinamakan sel sperma, sedangkan sel kelamin betina disebut dengan ovum. Jika sperma bersatu dengan ovum, pada saat itulah sel hewan baru mulai terbentuk.
Secara umum perkembang biakan hewan dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya:
1. Melahirkan
2. Bertelur
3. Mengembangkan telur di dalam badan induknya, tapi embrio tidak mendapatkan makanan dari induknya.
Dibawah ini akan diberikan penjelasan mengenai pengelompokkan perkembang biakan diatas.
1. Melahirkan
Hewan yang berkembang biak biasanya juga menyusui, dan biasanya disebut hewan mamalia dan tergolong hewan vivipar. Biasanya hewan mamalia akan membesarkan anaknya di dalam perutnya, keadaan ini disebut hamil. Contohnya adalah anjing dan kuda
2. Bertelur/Ovipar
Hewan yang berkembang biak dengan bertelur biasanya akan membuat sarang terlebih dahulu sebelum mengeluarkan telur, namun ada juga yang tidak.
Contoh hewan yang berkembang biak dengan bertelur adalah penguin, burung unta, dan gurame,
3. Ovivipar/ Mengembangkan telur di dalam badan induknya, tapi embrio tidak mendapatkan makanan dari induknya
Hiu merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara ini. Awalnya hiu jantan membuahi telur dengan cara melepas sperma ke dalam tubuh betina, dan akhirnya melahirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar