A.
Definisi Peluang Usaha
Peluang usaha adalah suatu kejadian
dimana sesorang atau sekelompok mendaptkan suatu kesempatan untuk menjalankan
suatu usaha atau bisnis.
Sebuah
peluang usaha itu, esensinya adalah asas manfaat. Semua kondisi yang di
tawarkan kepada anda, adalah penawaran terhadap sebuah aktifitas bisnis yang
pantas untuk anda geluti dan tentu saja bisa memberikan keuntungan yang luar
biasa kepada anda.
Jika
peluang usaha yang dimaksud benar-benar di manfaatkan dan di kemas sedemikian
rupa sehingga bisa memberikan manfaat yang di harapkan.
Perlu juga di garis bawahi, bahwa
peluang usaha baru adalah sebuah ruang kreasi yang independent dan mandiri. Dan
bukanlah sebuah kegiatan yang ikut-ikutan demi mengikuti sebuah trend dan gaya
hidup semata.
- . Unsur unsur Peluang
Usaha Baru
Sebelum memulai sebuah usaha, seorang wirausahaan haruslah memperhatikan
beberapa hal. Hal-hal tersebut diantaranya adalah:
- Lihat karakter usaha Anda
dan sesuaikan dengan karakter pribadi Anda
Anda perlu mengenali
karakter bidang usaha Anda. Tujuannya adalah untuk
melihat apakah
karakter dasar Anda sesuai dengan karakter usaha Anda.
- Lihat
apakah Anda menyukai usaha tersebut
Merupakan syarat
mutlak bahwa seseorang harus menyukai usaha yang
akan digelutinya.
Kenyataan menunjukkan bahwa rasa suka pada usaha
akan membuat
seseorang lebih giat, tekun, dan pantang menyerah dalam
menjalankannya
sehingga nantinya akan membuahkan hasil yang baik.
Disini, memulai
usaha dari hobi bisa menjadi pertimbangan Anda. Karena
hobi biasanya
merupakan suatu hal yang disukai, maka hobi bisa berpotensi
menjadi usaha yang
berhasil. Tentunya dengan berbagai tambahan analisa
lainnya.
- Lihat
apakah Anda mampu menjalankan usaha tersebut
Sangat penting bagi
kita untuk mengukur kemampuan diri dengan tujuan
untuk melihat apakah
kita mampu menjalankan usaha tersebut. Kita bisa
mengukur kemampuan
kita dengan mengadakan beberapa analisa atau
riset sederhana
mengenai usaha tersebut, kemudian hasilnya dibandingkan
dengan kemampuan
kita.
Selain dari Unsur unsur diatas terdapat pula
beberapa unsur dalam peluang usaha baru yaitu :
- Kebutuhan akan sumber penemuan
Sebelum
memulai sebuah usaha, ada baiknya kita melakukan pengamatan tentang kebutuhan
pasar terhadap produk yang akan kita geluti. Pengamatan ini sangat berguna bagi
panjang atau tidaknya umur usaha yang akan digeluti.
- Membuat inovasi baru
Hal yang
sangat dan selalu perlu dilakukan oleh seorang wirausaha adalah melakukan
inovasi yang dapat dilakukan untuk sebuah produk yang akan dijalani.
- Sesuai keahlian
Usaha yang
dilakukan berdasarkan keahlian yang dimiliki hasilnya akan lebih memuaskan
seorang usahawan.
- Menyesuaikan dengan kebutuhan sekitar
Menyesuaikan
kondisi usaha yang akan dijalani dengan kebutuhan sekitar akan berpengaruh pada
permintaan pasar, khususnya pasar-pasar terdekat yang mudah digapai.
- Memanfaatkan koneksi dan relasi
Koneksi
dan relasi yang kita miliki juga sangat berguna, baik dalam hal promosi maupun
pengembangan usaha.
- Mengamati kecenderungan-kecenderungan
Melakukan
pengamatan terhadap kecenderungan-kecenderungan yang terjadi pada pasar juga
akan sangat membantu untuk memperbaiki kegiatan usaha yang baru saja dimulai.
- Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada
Pengamatan
terhadap produk atau jasa juga adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh
usahawan agar kekurangan pada produk atau jasa yang dihasilkan dapat
diperbaiki. Sehingga hasil yang memuaskan dapat dihasilkan.
- Pemanfaat produk dari perusahaan lain
Memanfaatkan
produk dari perusahaan lain juga dapat dilakukan untuk menjadi bahan pembantu
dalam produk atau jasa yang dihasilkan.
- Usaha Warisan
Sebuah
usaha juga dapat merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara turun temurun.
- Ikut-ikutan
Sebuah
usaha yang ditekuni oleh seorang usahawan juga dapat merupakan joinan bersama
partner. Atau usaha yang diajak oleh partner lainnya untuk menekuninya
bersama-sama.
- Coba-coba
Usaha juga dapat ditemui dengan coba-coba pada
mulanya.
C.
Masalah dan Solusi
Setiap usaha yang akan baru dibangun pastinya
akan memiliki berbagai jenis masalah. Dan setiap masalah yang ada juga terdapat
solusi yang ditawarkan. Berikut pembahasan mengenai masalah dan solusi bagi
sebuah usaha baru.
ü Masalah
Masalah
dalam Peluang Usaha Baru adalah sebagai berikut:
l Kurangnya
obyektivitas
l Kurangnya kedekatan
dengan pasar
l Pemahaman kebutuhan
teknis yang tidak memadai
l Diabaikannya
kebutuhan finansial
l Kurangnya
diferensiasi produk
l Pemahaman terhadap
masalah-masalah hukum yang tidak memadai
Selain
masalah masalah diatas terdapat pula beberapa masalah dalam memulai usaha baru yang
biasanya menjadi bahan pertimbangan calon wirausahawan :
1.
Modal
Biasanya orang yang hendak mulai usaha selalu mengkambinghitamkan modal. “Modalnya dari mana?” Padahal, ada banyak cara mendapatkan modal. Dan lagi modal itu tidak melulu soal uang, modal itu juga bisa berupa ide, berupa tenaga, dan lainnya.
Biasanya orang yang hendak mulai usaha selalu mengkambinghitamkan modal. “Modalnya dari mana?” Padahal, ada banyak cara mendapatkan modal. Dan lagi modal itu tidak melulu soal uang, modal itu juga bisa berupa ide, berupa tenaga, dan lainnya.
Beberapa masalah yang sering ditemui dalam pencarian modal antara
lain :
a.
Kurangnya ketajaman bisnis
(misal : tidak jeli melihat peluang, tidak dapat mengadaptasi masalah dengan
baik)
b.
Kurangnya pengalaman bisnis
c.
Harus dapat mengidentifikasi
lebih dahulu kebutuhan modal (baik secara finansial maupun berupa mesin)
d.
Harus ada proyeksi laba dan
proyeksi mengenai tingkat pengembalian investasi
e.
Harus ada identifikasi tujuan
dari penggunaan modal usaha
Masalah yang berkaitan dengan kesulitan yang biasanya dihadapi
wirausahawan antara lain :
1.
Kinerja atau konsep perusahaan
yang meragukan
3.
Kegagalan perusahaan untuk
menindaklanjuti
4.
Kurangnya pengalaman dan
ketajaman bisnis
5.
Preferensi dari pemodal
6.
Kurangnya hubungan dengan
sumber-sumber modal
2.
Menunda mulai bisnis
Sering kan anda dengar “Wah usaha itu seperti yang sudah saya pikirkan satu tahun lalu. Tapi sayangnya saya tak segera mengeksekusinya.”
Sering kan anda dengar “Wah usaha itu seperti yang sudah saya pikirkan satu tahun lalu. Tapi sayangnya saya tak segera mengeksekusinya.”
3.
Sepi pelanggan
Saat bisnis sudah mulai, pembeli atau pelanggan tidak kunjung datang. Ini merupakan masalah bisnis yang serius yang kerap dialami pebisnis pemula.
Saat bisnis sudah mulai, pembeli atau pelanggan tidak kunjung datang. Ini merupakan masalah bisnis yang serius yang kerap dialami pebisnis pemula.
4.
Kesulitan Meningkatkan penjualan
Mungkin bisnis bisa berjalan, tapi untuk meningkatkannya kesulitan. Sulit untuk memperluas jaringan, sulit untuk meningkatkan penjualan, sulit untuk menembus pasar baru.
Mungkin bisnis bisa berjalan, tapi untuk meningkatkannya kesulitan. Sulit untuk memperluas jaringan, sulit untuk meningkatkan penjualan, sulit untuk menembus pasar baru.
5.
Gagal melakukan marketing yang jitu
Sudah mencoba beriklan dan melakukan pemasaran, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Berarti ada masalah pada cara marketing yang dilakukan.
Sudah mencoba beriklan dan melakukan pemasaran, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Berarti ada masalah pada cara marketing yang dilakukan.
ü Solusi
l Mempertahankan sikap
obyektivitas dan selalu mencari gagasan bagi
produk
atau jasa.
l Dekat dengan segmen
pasar yang ingin dimasuki.
l Memahami persyaratan
teknis dari produk atau proses.
l Menelusuri secara
mendetail kebutuhan finansial bagi pengembangan
dan
produksi.
l Mengetahui kendala
hukum yang diterapkan pada produk atau jasa.
l Menjamin bahwa
produk atau jasa menawarkan keuntungan tertentu
yang
membedakannya dari pesaing.
l Melindungi gagasan
kreatif melalui hak paten, hak cipta, merek
dagang
dan merek jasa.
D.
Manfaat
Berwirausaha
Sebelum
mendirikan bisnis, setiap calon wirausahawan harus mempertimbangkan manfaat
mejadi pemilik bisnis, yaitu:
a.
Peluang
untuk mengendalikan nasib sendiri. Mendirikan sesuatu bisnis memberikan
kebebasan dan peluang pada wirausahawan untuk mencapai sasaran yang penting
baginya.
b.
Kesempatan
melakukan perubahan. Semakin banyak wirausahawan yang memulai bisnis karena
melihat kesempatan untuk membuat perubahan.
c.
Peluang
untuk menggunakan potensi sepenuhnya. Bisnis yang dimiliki wirausahawan merupakan alat untuk pernyataan dan
aktualisasi diri.
d.
Peluang
untuk meraih keuntungan tanpa batas. Meskipun uang bakan daya dorong utama bagi
wirausahawan, keuntungan dari bisnis mereka penting sebagai faktor motivasi.
e.
Peluang melakukan sesuatu yang anda
sukai. Kebanyakan wirausahawan yang telah berhasil dalam bisnis tertentu karena
mereka tertarik dan menyakai pekerjaan tersebut.
E.
Tips Menentukan alternatif pilihan bisnis
Setelah membaca uraian di atas ternyata hobi dan kompetensi Anda
belum juga dianggap sebagai peluang bisnis, Anda membutuhkan masukan ide-ide
jenis usaha lainnya. Untuk mendapat ide-ide tersebut maka Anda perlu menyimak
dan mencermati beberapa hal berikut ini.
·
Cita-cita
Salah satu cara memunculkan ide
kegiatan bisnis dapat Anda peroleh dari keinginan atau cita-cita pribadi.
Berbekal kemauan yang keras untuk menjadi seorang pebisnis, Anda akan melihat
segala peluang yang terbuka. Cita-cita merupakan dorongan yang kuat yang dapat
melahirkan sesosok pebisnis andal. Selain itu, cita-cita yang dimiliki dapat
diumpamakan tombol power. Jika tombol tersebut diaktifkan maka segala peluang
dapat timbul secara cepat di otak Anda.
·
Underpressure
Kadang kala ide timbul pada saat
seseorang dalam keadaan tertekan. Ide tentang jenis usaha pun dapat ditimbulkan
karena posisi terpojok oleh suatu keadaan. Seorang kepala keluarga akan
berusaha mencari ide untuk mendapatkan penghasilan agar keluarganya dapat terus
lestari dan hidup makmur. Misalnya, seorang ibu rumah tangga yang hanya
mengandalkan pendapatan dari suami berpikir untuk mencari tambahan. Dari
ketertekanan tersebut akan timbul ide untuk menjalankan bisnis tertentu.
Tentunya usaha yang menambah penghasilan keluarga.
·
Pengembangan produk yang sudah ada
Menciptakan produk baru berdasarkan
pengembangan dari produk yang sudah ada merupakan ide bagus untuk dijadikan
sebagai lahan bisnis. Dengan karakteristik seperti itu produk Anda akan menjadi
incaran para konsumen. Karena secara otomatis produk yang Anda hasilkan
merupakan “perbaikan serta pengembangan” dari produk sebelumnya. Anda akan
mendapat penghasilan yang berlimpah. Sebab, perusahaan Anda merupakan leader
dalam produk tersebut. Namun, jangan terlena dengan kondisi tersebut. Para
pesaing bersiap mengekor kesuksesan Anda dengan meniru produk laris tersebut.
Sebelum terjadi hal seperti itu maka Anda perlu melakukan tindakan antisipasi.
Di mana antispiasi tersebut terkait dengan perlindungan hukum agar karya Anda
tidak bisa ditiru seenaknya.
·
Prospek pasar
Melihat suatu gaya hidup yang sedang
menggejala dapat pula dijadikan sebagai ide bisnis. Dengan begitu usaha bisnis
Anda akan banyak menarik minat pembeli, sebab produk yang Anda tawarkan
merupakan sesuatu yang sedang diminati. Misalnya, saat ini pengguna telepon
genggam sangat banyak jumlah, mulai dari anak usia sekolah dasar hingga orang
tua. Permintaan akan pulsa sangat tinggi. Dengan demikian berbisnis pulsa pun
dapat dijadikan sebagai alternatif berbisnis. Setelah itu carilah tempat yang
strategis untuk memulai bisnis tersebut.
Setelah Anda membaca artikel di
atas, mudah-mudahan Anda mendapat gambaran serta dapat memperkirakan jenis
usaha apa yang paling cocok dengan kondisi Anda saat ini.
F.
Tips yang dapat dijadikan
panduan dalam memulai usaha baru :
a. Hobi sebagai sumber
profit
Sebagian besar orang meiliki
kegemaran atau istilah bekennya hobi, dari yang dijalankan sekedar iseng sampai
yang ditekuni secara serius. Apa hobi Anda? Dan Anda termasuk jenis orang yang
seperti apa, hobi hanya sekedar untuk mengisi waktu dan lebih cenderung
menguras isi kantong Anda atau sebaliknya? Jika ya sudah saatnya untuk merubah
kegiatan tersebut sebagai peluang usaha. Untuk segmen pasarnya lebih jelas dan
fokus, yakni orang-orang yang sehobi dnegan Anda. Mulai lah dari hal-hal yang
ringan, semakin lama kembangkan usaha tersebut bahkan jika mungkin menjadi
“ahli” dalam bidang tersebut.
Pada umumnya orang melakukan
kegiatan yang digemarinya dengan perasaan senang, sama sekali tidak ada beban.
Coba bayangkan bagaimana nikmatnya menjalankan bisnis Anda dengan perasaan yang
sama. Tidak sedikit wirausahawan sukses yang berhasil berangkat dari hobi, ya
hobi yang dijalankan dengan sungguh-sungguh dan serius bukan tidak mungkin
dapat menjadi sumber penghasilan.
b. Profesi awal sebagai
pembuka jalan
Pengalaman seseorang menekuni suatu
pekerjaan tidak akan pernah menjadi suatu hal yang sia-sia. Rentang waktu
sekian lama serta kemauan untnuk belajar dapat menjadikan seseorang terampil
dan ahli di bidang tersebut. Disamping hal tersebut, selama Anda menjalankan
pekerjaan tersebut, tentu saja Anda berhubungan dengan banyak pihak yang
berkaitan dengan pekerjaan yang Anda tekuni tersebut, secara tidak langsung
Anda menjalin relasi dan memiliki refrensi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
tersebut.
Hal-hal tersebut dapat dijadikan
modal Anda untuk memulai bisnis sendiri. Dengan kemauan yang kuat, sebagian
penghasilan yang kita peroleh selama bekerja pada puhak lain dapat dikumpulkan
sedikit demi sedikit hingga pada akhirnya dapat dijadikan modal Anda mendirikan
suatu usaha, meskipun belum sepenuhnya mencukupi. Secara perlahan namun pasti
Anda dapat mengembangkan usaha tersebut sesuai kemauan Anda.
c. Waralaba yang serba komplit
Anda menikmati pekerjaan yang Anda
tekuni sekarang, namun demikian ada dana lebih yang Anda ingin manfaatkan
menjadi aktif income. Dan saat ini Anda tidak memiliki banyak waktu untuk
mengurus bisnis baru. Salah satu cara cepat dan memilih jenis usaha yang
memiliki tingkat risiko rendah, pilihlah jenis bisnis yang diwaralabakan.
Pebisnis tidak akan menemui kerepotan dalam berpromosi karena pebisnis menyerahkan kepada pihak yang ahli di bidang ini. Selain itu, pihak franchisor akan memberi pelatihan tentang konsep, sistem dan strategi usaha. Termasuk juga teknik usaha yang diwaralabakan. Sebelum memutuskan mengambil bisnis waralaba, Anda perlu memperhatikan sistem kerja samanya. Biasanva hubungan antara pebisnis dengan pemberi waralaba akan saling membagi hasil. Sehingga pendapatan dari pebisnis tidak mutlak miliknya. Akan tetapi harus dibagi kepada pemberi waralaba. Tentunya dengan proporsi yang telah ditentukan sebelumnya.
Pebisnis tidak akan menemui kerepotan dalam berpromosi karena pebisnis menyerahkan kepada pihak yang ahli di bidang ini. Selain itu, pihak franchisor akan memberi pelatihan tentang konsep, sistem dan strategi usaha. Termasuk juga teknik usaha yang diwaralabakan. Sebelum memutuskan mengambil bisnis waralaba, Anda perlu memperhatikan sistem kerja samanya. Biasanva hubungan antara pebisnis dengan pemberi waralaba akan saling membagi hasil. Sehingga pendapatan dari pebisnis tidak mutlak miliknya. Akan tetapi harus dibagi kepada pemberi waralaba. Tentunya dengan proporsi yang telah ditentukan sebelumnya.
Peluang usaha atau bisnis baru di tahun 2012
Peluang usaha bisnis makanan & minuman merupakan bisnis yang
sangat prospektif dengan modal tidak terlalu besar, cepat balik modal dan
untung yang lumayan (sekitar 10% – 35%). Jelas, masyarakat Indonesia suka
akan makanan/minuman yang cocok dengan lidah dan selera khas orang Indonesia
pada umumnya. Itulah sebab penyajian ayam goreng
tepung di Indonesia ditambahkan menu nasi, yang di
negara asalnya sebenarnya tidak ada nasi. Juga orang Indonesia suka akan
hal-hal yang baru terutama pada makanan dan minuman, ini menjadi hal yang
menarik bagi kita jika kita menjual produk yang baru, asal pas dengan selera
masyarakat Indonesia. Umumnya peluang bisinis ini
diwaralabakan/franchisekan yang lokal/Indonesia dengan harga di bawah
5-10 juta rupiah. Serta produk dijual dengan media gerobak, booth/stand,
bisa juga dengan konsep mini resto.
Untuk menarik minat konsumen, maka perlu diperhatikan dessain, gaya,
warna, konsep, kemasan dari media / tempat jualan produk tersebut, mulai dari
booth sampai ruangan. Dan tak kalah penting adalah kualitas produk dan
kreatifitas terhadap produk itu sendiri agar terlihat menarik dan tampil unik.
Serta harga produk yang terjangkau masyarakat. Biasanya peluang bisnis
waralaba/franchise lokal Indonesia di bawah harga 5 – 10 juta rupiah, membidik
pasar kelasa bawah dan atau menengah. Target mereka adalah anak-anak sekolah, mahasiswa,
dan orang tua / karyawan / orang yang sering lalu lalang di daerah / lokasi jual
produk tersebut. Lokasi yang tepat untuk berjualan adalah bisa dekat sekolah, kampus,
dalam mall yang ramai, atau bisa di tempat-tempat strategis seperti pasar, atau
tempat hiburan/permainan.
Peluang bisnis usaha waralaba atau franchise lokal Indonesia dengan
harga di bawah 5-10 juta kebanyakan ada pada bidang kuliner/makanan juga serta
pada minuman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar