10.10.12

Sistem Informasi Dalam Tingkat Manajer


Sistem adalah suatu kesatuan yang ada dalam suatu bagian yang memiliki item penggerak dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya untuk memudahkan suatu tujuan.

Data adalah catatan atas kumpulan fakta sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan nantinya.

Informasi adalah data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga memiliki makna dan manfaat.



Penggunaan informasi dalam tingkat manajer adalah sebuah pendukung atas keputusan yang akan diambil nantinya, untuk dilakukan dimasa yang akan datang.

Contoh penggunaan informasi dalam tingkat manajer :
Tuan Tono adalah pemilik dari PT Jagakarsa. Laporan keuangan dalam perusahaannya dibuat setiap triwulan. Pada triwulan pertama di tahun 2010, penjualan PT Jagakarsa diketahui naik. Informasi ini didapat dari laporan laba rugi yang meningkat dari triwulan di tahun sebelumnya. Dalam hal ini laporan keuangan adalah informasi yang berisi data-data yang telah diolah sedemikian rupa, sehingga data-data tersebut bermanfaat bagi Tuan Tono selaku pemilik perusahaan maupun perusahaan yang dikelolanya. Dari informasi keuangan yang didapat, Tuan Tono dapat mengambil keputusan apakah penjualannya atas barang dagangnya perlu dikurangi, ditambah atau tetap jumlah barangnya untuk triwulan kedua di tahun 2010.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar