17.6.13

Pengalaman Saat Kerja Praktek

Saya berkuliah di Universitas Gunadarma jurusan D3 Akuntansi Komputer. Sebagai syarat kelulusan, setiap mahasiswa diminta melakukan kerja praktek di sebuah perusahaan selama minimal 14hari. Dan untuk memenuhi syarat kelulusan tersebut, saya melakukan kerja praktek di sebuah perusahaan di dekat daerah rumah saya.

Pada tanggal 1 Agustus 2012 saya melaksanakan kerja praktek di PT Jasa Marga (Persero) Cabang Cawang-Tomang-Cengkareng selama 18 hari. Kegiatan kerja praktek tersebut sengaja saya laksanakan selama liburan puasa agar tidak mengganggu kegiatan perkuliahan. Kegiatan tersebut sebenarnya berjadwal dari tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2012. Namun, perusahaan secara efektif berlangsung selama 18 hari selama sebulan dikarenakan adanya hari raya Idul Fitri sehingga cuti bersama berlangsung selama hampir 2 minggu.

Selama kegiatan kerja praktek, saya diminta belajar di bagian keuangan. Disana saya memiliki kegiatan harian, yaitu mengurutkan bukti pendapatan tol harian sesuai shift dan gerbang, kemudian memasukkannya kedalam Ms.Excel. Kegiatan ini butuh ketelitian dan konsentrasi yang sungguh, sehingga memperkecil kesalahan pada laporan keuangan. Setelah memasukkan data, saya diminta melakukan pengecekan kembali  antara data yang saya masukkan ke dalam komputer dengan data yang diterima perusahaan dari bank (rekening koran). Jika terdapat ketidak cocokan jumlah, maka saya harus mengecek kembali apakah data yang saya miliki sesuai bukti atau data yang bank miliki keliru. Karna kekeliruan pasti terjadi.Selain itu, saya juga belajar untuk mengurutkan data pengeluaran kas sesuai nomor dan bulan periode berjalan. Di Jasa Marga mereka membagi 1tahun periode menjadi triwulan. Jadi pembayaran atas seluruh tagihan dibagi menjadi 4bulan sekali.

Di akhir bulan kerja praktek, bagian Umum dan Administrasi meminta salah seorang didalam bagian keuangan untuk menilai keseriusan saya dalam melaksanakan kerja praktek. Dan Puji Tuhan saya mendapatkan nilai yang sungguh baik dalam penilaian tersebut. Atas kerja praktek yang saya laksanakan, saya mendapatkan bukti berupa surat dan sertifikat yang sah mengenai kerja praktek yang saya laksanakan tersebut. Terimakasih PT Jasa Marga (Persero) cabang CTC atas kesempatan yang diberikan kepada saya.


Sertifikat Kerja Praktek

Pelajaran yang saya terima selama kerja praktek sangatlah banyak, baik secara moral maupun secara keilmuan. Mungkin tidak semua ilmu akan terpakai saat kita berada di dunia kerja, tetapi belajar dengan sungguh-sungguh itu tidak pernah berbuah pahit, karena bagaimanapun perusahaan tidak akan pernah mau mempekerjakan karyawan yang tidak menguntungkan bagi perusahaannya. Meskipun di dalam ruangan yang sama, kawan tetaplah lawan, dan mental yang mau berkompetisi haruslah tetap dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar