6.4.15

AKUNTANSI INTERNASIONAL: INTERNASIONALISASI PASAR MODAL

Factor yang banyak menyumbangkan perhatian lebih terhadap akuntansi internasional dikalangan eksekutif perusahaan, investor, regulator pasar, pembuat standar akuntansi dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasionalisasi pasr modal seluruh dunia. Internasionalisasi memiliki pengertian yang sama dengan globalisasi. Internasionalisasi mulanya merupakan hasil evolusi dari globalisasi di bidang ekonomi dan perdagangan. Ada beberapa hal yang mempercepat internasionalisasi:
·         Teknologi        : revolusi transportasi, revolusi komunikasi, revolusi teknologi informasi, dan revolusi komunikasi informasi
·         Lingkungan     : politik, ekonomi, hokum perundang-undangan dan teknologi
Data statistik memperlihatkan bahwa dalam arus modal lintas batas negara telah melonjak naik menjadi lebih dari dua puluh kali lipat sejak tahun 1990. Sementara itu nilai penawaran sekuritas internasional telah melonjak lebih dari empat kali lipat dalam periode yang sama, dan saat ini telah melampaui nilai lebih dari 1,5 triliun dolar. Penawaran internasional yang berkenaan dengan obligasi (surat utang), pinjaman modal perusahaan dan prasarana utang lainnya, semua ini telah melonjak naik secara dramatis sejak tahun 1990. Bank investasi Russel, Greenwich Associstes, Morgan Stenley, Merril Lynch, Grail Partners, semuanya telah memperkirakan bahwa investasi perlindungan dana retail secara mendunia akan mengalami kenaikan hingga 2,5 triliundolar pada tahun 2010. Seluruh kenaikan ini mewakili sekitas 14,3% dari tingkat perkembangan tahunan gabungan sejak tahun 2005.

Dengan makin terintegrasinya pasar keuangan, kita juga menyaksikan adanya peningkatan dalam jumlah perusahaan yang terdaftar pada berbagai bursa efek di seluruh dunia. Selama lebih dari sepuluh tahun, kapitalisasi pasar modal dunia telah bertambah lebih dari dua kali lipat hingga mendekati angka sekitar 40 triliun dolar.Federasi Bursa Efek Dunia (Wold Federation of Exchanges) melaporkan bahwa meskipun jumlah perusahaan domestik yang terdaftar di beberapa tempat meningkat dan di tempat lain justru menurun dalam paruh pertama dekade ini, namun demikian tingkat rata-rata volume perdagangan tahunan dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar telah melonjak secara signifikan. Hal ini pada dasarnya disebabkan oleh adanya merger dan akuisisi yang telah ikut berperan dalam merampingkan beberapa entitas perusahaan yang terdaftar.

Tiga wilayah dengan pasar modal terbesar adalah wilayah benua Amerika, Asia-Pasifik, dan Eropa, termasuk juga didalamnya Afrika dan Timur Tengah. Sejak peristiwa tragis 9/11, pasar modal di seluruh tiga wilayah tersebut telah berkembang secara signifikan. Dalam konteks kapitalisasi pasar modal domestik, wilayah Amerika telah mengalami peningkatan tahunan keseluruhan dengan kisaran 13 persen, melonjak dari 11.931 triliun dolar di tahun 2002 hingga 19.458 triliun dolar pada 2005; Eropa 17,2 persen, meningkat dari $6.465 triliun hingga $12.206 triliun; dan Asia-Pasifik meroket 20 persen, naik dari $4.437 triliun hingga $9.310 triliun.


Sumber            :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar