16.3.16

Sistem Perekonomian di Indonesia Jaman Orde Reformasi

         Sistem perekonomian menurut Gregory Grossman dan M.Manu adalah sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit dan agen-agen ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi melainkan juga sampai tingkat tertentu yang saling menopang dan mempengaruhi.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem perekonomian adalah semua dan seluruh unsur penggerak ekonomi yang ada, dimana seluruh unsur tersebut saling menopang dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Perekonomian dibagi menjadi tiga sistem, seperti:
  1. Sistem Ekonomi Liberal
  2. Sistem Ekonomi Fasisme
  3. Sistem Ekonomi Komunisme
         Sistem Ekonomi Liberal adalah sistem ekonomi yang menghendaki adanya kebebasan yang seluas-luasnya bagi individu yang melakukan kegiatan ekonomi tanpa campur tangan pemerintah. Sistem Ekonomi Fasisme adalah sistem ekonomi yang memandang rendah bangsa lain, atau dapat disebut bersikap berlebihan terhadap rasionalism. Sistem Ekonomi Komunisme adalah sistem ekonomi dimana pemerintah memegang kunci atau dominan dalam pengaturan kegiatan ekonomi tersebut.

          Perkembangan sistem orde reformasi terjadi di dalam pemerintahan setelah Bapak Soeharto turun jabatan dari kepresidenan. Dimulai di awal pemerintahan BJ Habibie hingga pemerintahan Bapak Susilo Bambang. Perekonomian mengalami naik turun secara tidak stabil. dapat dilihat dari sejarah bertambah buruknya hubungan IMF dengan pemerintah Indonesia. Keadaan ini tentu membuat investor enggan untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Keadaan terparah terjadi disaat pemerintahan Abdurrahman Wahid, dapat dilihat dari beberapa indikator ekonomi seperti pergerakan IHSG yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang rendah dan rendahnya kepercayaan para pelaku bisnis terhadap pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

sumber:
http://www.dosenpendidikan.com/6-pengertian-dan-macam-macam-sistem-ekonomi-menurut-para-ahli/
https://azizsustiawan.wordpress.com/2013/11/02/sejarah-sistem-ekonomi-indonesia/

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar